Selasa, 18 Desember 2012

Tugu Khatulistiwa - Pontianak



Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah.
Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung.
Catatan pada Tugu Khatulistiwa dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indiƫ : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak
Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter. Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter.Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20' OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.
Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.
Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.

Pada saat saya mengunjungi tugu khatulistiwa, kota Pontianak sedang panas2 nya… terik matahari membuat gerah seluruh tubuh. Memasuki tugu khatulistiwa, kita akan di minta untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu.
Didalam ruangan tugu yang menurut saya hanya sebasar lapangan futsal saja, Nampak infomasi pendirian dari tugu tersebut.
Hmmmmm lumayan lah , seperti masuk kedalam museum saja perasaan saya saat itu.
Dan akhir nya saat yang dinanti .. sesi foto-foto bareng teman2 hahahahaaa…
Oohhh iya karna luas tugu yang terbatas, membuat tidak memerlukan banyak waktu dalam mengelilingi dan melihat keadaan sekitar tugu,..

ooohh iya untuk informasi temen2 yang mau kesana, cuma ada warung kecil di sekitar tugu khatulistiwa.. jadiiiiiiii yaaa siap 2 kaya kami aja
tapii tetap suatu perjalanan yang sangat menyenangkan, lagian gak setiap orang kan bisa tugu khatulistiwa 0 derajat indonesia..

1 komentar:

  1. Mantep nih udah sampe tugu 0 derajat. Dapet piagamnya ngga? Udah ngedirikan telur juga?

    BalasHapus